Sensasi Makan Sate Pakai Jeruji Besi di Sate Pak Pong Khas Yogyakarta

2 min read

Sate Pak Pong

Jika mengunjungi Yogyakarta, kuliner apa yang ada di benak selain gudeg? Ada banyak kuliner yang menarik dan lezat di Yogyakarta, salah satunya adalah sate klathak Pak Pong yang begitu terkenal. Hidangan legendaris ini begitu populer karena penyajiannya yang menarik serta rasanya yang mampu menggoyang lidah.

Selain itu, di Warung Sate Klathak Pak Pong juga menawarkan beragam menu dengan olahan kambing yang tak kalah enak. Harganya pun terjangkau sehingga tidak heran jika Warung Sate Klathak Pak Pong tidak pernah sepi pembeli setiap harinya. Jika tertarik menikmatinya, simak dahulu bagaimana uniknya sate klathak Pak Pong berikut ini.

Uniknya Sate Klathak Pak Pong

Jika sate pada umumnya ditusuk menggunakan tusuk bambu, berbeda dengan sata klathak Pak Pong. Sate klathak Pak Pong ditusuk menggunakan tusuk besi atau jeruji besi. Inilah yang membuat sate klathak Pak Pong begitu unik dan berbeda dibandingkan dengan sate pada umumnya.

Penggunaan tusuk sate dari jeruji besi juga memberikan sensasi rasa dan aroma tersendiri pada tiap tusuk satenya. Pasalnya, tusuk sate jeruji besi mampu menghantarkan panas secara merata ke dalam daging sehingga rasanya pun lezat. Saat dibakar, daging kambing diberikan bumbu berupa garam dan merica dan disajikan dengan kecap manis.

Satu porsi sate klathak terdiri dari 2 tusuk sate dengan ukuran yang cukup besar. Jadi, satu porsi sate klathak cukup mengenyangkan jika ditemani dengan nasi putih hangat yang dihidangkan. Selain sate klathak, ada menu lainnya yang ditawarkan, yaitu tengkleng, tongseng, nasi goreng kambing, kricik, dan juga gulai.

Semua menu yang ditawarkan memiliki rasa yang mampu menggoyang lidah karena kaya akan rempah-rempah khas Indonesia. Untuk minuman yang dijual di Warung Sate Klathak Pak Pong pun beragam, mulai dari teh, jeruk, minuman bersoda, kopi, dan air mineral. Namun, minuman yang paling favorit adalah teh atau jeruk hangat dengan gula batu.

Minuman tersebut disajikan menggunakan cawan poci yang bisa di-reffil ketika sudah habis. Uniknya sate klathak dan beragam menu lezat yang ditawarkan, membuat warung ini selalu ramai pembeli. Pembelinya tidak hanya dari dalam Kota Jogja saja, tetapi juga berasal dari luar Kota Jogja.

Harga Menu yang Ditawarkan

Untuk satu porsi sate klathak Pak Pong dibandrol dengan harga Rp24.000, sedangkan untuk tengkleng harganya adalah Rp29.000. Gulai babat dan gulai daging memiliki harga berbeda, untuk gulai babat harganya Rp20.000 dan gulai daging harganya Rp24.000. Kemudian untuk satu porsi nasi goreng kambing dijual dengan harga Rp29.000.

Untuk satu porsi tongseng daging harganya adalah Rp24.000, tongseng otak harganya Rp20.000, dan tongseng kepala harganya adalah Rp29.000. Sedangkan untuk satu porsi nasi putih, harganya adalah Rp5.000. Harga minumannya sangat terjangkau, untuk teh dan jeruk baik hangat maupun es, harganya sama-sama Rp5.000.

Lokasi dan Jam Buka Sate Klathak Pak Pong

Jika ingin menikmati kelezatan hidangan beragam olahan kambing, termasuk sate klathak ini, pergilah ke Bantul, Yogyakarta. Lokasi persis Warung Sate Klathak Pak Pong berada di Jalan Sultan Agung Nomor 18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Jika dari pusat kota, pergilah ke arah terminal Giawangan di Ring Road Selatan.

Setelah itu, pergilah menuju daerah selatan melewati Jl. Imogiri Timur sampai menjumpai perempatan lampu merah di kilometer 10. Beloklah ke arah kanan atau menuju ke arah barat, dan lihatlah sisi kanan jalan. Jika sudah menemukan spanduk bertuliskan “Sate Klathak Pak Pong”, itu berarti sudah sampai di tujuan.

Namun, jangan heran jika sesampainya di lokasi, akan banyak sekali pembelinya. Tidak sedikit pembeli menunggu lama hanya untuk menikmati lezatnya hidangan olahan kambing dan sate klathak. Oleh karena itu, pastikan datang tepat waktu karena warung sate ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 23.30 WIB.

Apabila tertarik menikmatinya, datanglah langsung ke Warung Sate Klathak Pak Pong karena warung sate ini buka setiap hari. Jangan khawatir akan kehabisan tempat karena ruangannya luas dengan fasilitas parkir yang juga luas. Jadi, ketika mengunjungi Yogyakarta, jangan lupa mampir untuk mencicipi hidangan unik dan lezat yang satu ini, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *