Pulau Umang, Spot Wisata Tercantik Di Banten

1 min read

Pulau Umang

Untuk bisa menikmati keindahan yang eksotis tidak perlu jauh-jauh ke Maldives. Warga Jakarta dan sekitarnya bisa datang ke Pulau Umang. Pemandangan pulau ini tak kalah seksi dengan Lombok dan Bali. Mengusung konsep private island, Pulau Umang cocok buat mereka yang ingin melepas penat sejenak dari keramaian kota.

Siapa pun yang pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini pasti tidak mau pulang. Begitu speedboat bersandar, pemandangan hamparan pasir putih yang bersih akan menyambut mata pengunjung. Belum lagi bangunan-bangunan penginapan yang konsepnya unik. Rasanya ingin saja langsung merebahkan diri dan menikmati ketenangan di pulau itu.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Pulau Umang yang memiliki luas wilayah sekitar 9.160 kilometer persegi berlokasi di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Sekeliling pulau adalah pemandangan alam yang indah dan masih alami. Deretan pantai menghiasi dengan kehidupan bawah lautnya yang menarik untuk diselami.

Untuk bisa ke pulau ini seseorang harus menuju Labuan terlebih dahulu. Jika berangkat menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, maka bisa lewat tol Kebun Jeruk – Merak dan keluar di pintu tol Serang Timur. Setelah itu ikuti petunjuk jalan ke arah Pandeglang hingga tiba di Labuan. Kemudian rute selanjutnya adalah Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu dan akhirnya sampai di daerah Sumur.

Rute kedua dari Jakarta menuju Labuan adalah lewat tol Jakarta – Merak dan keluar di pintu tol Cilegon Barat. Nanti ikuti saja rute ke Pantai Carita dan akhirnya akan berujung di Labuan. Kemudian menuju Kecamatan Sumur sama seperti rute pertama. Perjalanan dari Jakarta ini kurang lebih memakan waktu sekitar 6 jam. Namun buat yang ingin menggunakan angkutan umum, maka bisa naik bus jurusan Labuan dari terminal Kalideres. Total perjalanan dengan angkutan umum bisa kurang lebih 8 jam.

Begitu sampai di Labuan perjalanan dilanjutkan dengan menyebrang menggunakan speedboat. Perjalanan ini hanya sebentar, yakni kurang lebih 5 – 10 menit, dan biaya per orangnya berkisar Rp100.000. Buat yang ingin pergi-pulang ada speedboat yang selalu standby. Namun ini kurang direkomendasikan mengingat perjalanan menuju Pulau Umang cukup panjang, maka setidaknya menginap semalam.

Penginapan dan Kuliner Khas Seafood

Penginapan yang ada di Pulau Umang sangat beragam. Tinggal pilih mau yang berbentuk resort, rumah panggung, hotel bintang lima, hingga ala backpacker. Harga penginapan yang paling murah sekitar Rp 150.000 per malam. Namun tempat menginap yang paling favorit adalah cottage yang mengarah ke laut. Lokasi ini banyak dipilih sebagai tempat berbulan madu karena posisinya pas untuk menikmati sunset.

Di sekeliling penginapan ada banyak tempat makan, mulai dari konsep warung sampai restoran. Kuliner seafood khas yang harus dicicipi adalah ikan kerapu dan ikan kakap merah. Keduanya nikmati disantap pada malam hari, baik dengan cara digoreng ataupun dibakar. Kalau sudah selesai makan jangan langsung kembali ke penginapan, jalan-jalan dulu sebentar untuk membeli souvenir, seperti kaos, gantungan kunci, serta kerajinan dari kerang.

Fasilitas Hiburan yang Menyenangkan

Selain menjadi tempat beristirahat yang tenang, Pulau Umang juga cocok untuk olahraga air. Kondisi perairan yang jernih sangat menyenangkan untuk snorkeling, diving, dan memancing. Kegiatan air lainnya yang bisa dilakukan bersama keluarga atau teman adalah bermain jet ski dan banana boat. Semua aktivitas ini telah didukung dengan peralatan yang memadai dan pendamping yang profesional. Jadi semuanya aman untuk dilakukan.

Kalau ingin mendapatkan pengalaman yang lengkap, bisa mengambil paket wisata. Harganya bervariasi, tergantung jumlah orang, tempat penginapan, dan kegiatan yang ingin dilakukan. Umumnya paket wisata ini berlaku untuk minimal 2 orang pengunjung dengan harga mulai dari Rp1.500.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *