Rincian Modal Usaha Pecel Lele Dan Tips Menjalankan Usahanya

3 min read

Modal Usaha Pecel Lele

Pecel lele biasanya dijual di pinggir jalan dan buka mulai sore hingga malam. Meskipun namanya pecel lele namun yang dijual bukan pecel atau pun lele. Melainkan nasi uduk dengan lauk ayam atau ikan yang tersedia dan sambal serta lalapan yang banyak dicari. Modal usaha pecel lele sangat bervariasi sehingga banyak yang membuka usaha ini. Untuk mengetahui berapa banyak modal usaha pecel lele harus mengetahui berbagai peralatan dan perlengkapan, sebagai berikut.

Peralatan Dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Ketika membuka sebuah usaha ada baiknya memperhatikan perlengkapan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Peralatan dan Perlengkapan untuk menjual pecel lele dapat diperhatikan agar modal yang dikeluarkan dapat dirincikan dengan baik tanpa ada keliru. Biasanya peralatan dan perlengkapan dapat ditemukan di berbagai tempat yang dapat dijangkau banyak orang. Berikut ini peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

1. Gerobak

Untuk berjualan pecel lele di pinggir jalan sangat membutuhkan sebuah gerobak untuk memperlancar ketika sedang melayani pembeli. Gerobak juga digunakan untuk meletakan berbagai macam makanan yang akan dimasak untuk pembeli.

Biasanya penjual meletakkan ayam, ikan, tahu, tempe, serta sayur mayur yang akan disajikan. Sehingga adanya gerobak membuat rapi penjualan dan dinilai bersih oleh pembeli. Gerobak yang dibutuhkan biasanya hanya satu dan harga gerobak untuk modal usaha pecel lele sekitar Rp1.000.000,- per unitnya.

2. Tenda

Tenda sangat penting dan dibutuhkan untuk menjual pecel lele di pinggir jalan sebagai pengganti tembok. Dan berfungsi untuk menghindarkan air hujan ataupun kotoran yang jatuh ke bawah tidak terkena langsung pada pembeli yang makan di tempat.

Sekaligus dapat menandai bahwa di tenda tersebut ada yang menjual pecel lele sehingga orang banyak dapat mampir untuk membelinya. Untuk mendapatkan tenda harus mengeluarkan uang sekitar Rp1.000.000,- per 4×6 meter.

3. Kompor Gas

Pecel lele merupakan kuliner yang harus dimasak terlebih dahulu agar nikmat dimakannya ketika masih panas. Sehingga sangat dibutuhkan kompor gas untuk memasak pecel lele yang akan disajikan kepada pembeli. Daging yang dijual memang sudah matang namun hanya diungkep yaitu bumbu rahasia yang bikin lezat.

Setelahnya perlu digoreng, dan kompor gas dapat memasak berbagai macam kebutuhan jualan ketika persediaan habis misalnya sambal. Harga kompor gas sebagai modal usaha pecel lele sekitar Rp500.000,- per unitnya.

4. Peralatan Lainnya

Peralatan yang menjadi pelengkap dalam menjual pecel lele yang akan digunakan pembeli maupun penjual. Seperti sendok, piring, etalase, termos, penggorengan, ulekan, pisau, ember, tempat kecap, tusuk gigi, dll. Dan peralatan tersebut sangat dibutuhkan dalam memperlancar usaha pecel lele dan melengkapi yang dibutuhkan pembeli.

Dengan peralatan yang lengkap akan membuat usaha pecel lele terlihat sungguh sungguh dan lengkap. Perkiraan harga yang dikeluarkan untuk peralatan tambahan ini sekitar Rp5.000.000,-.

5. Media Promosi

Semua usaha yang ada sangat membutuhkan media promosi agar menarik pelanggan untuk membeli produk. Sama dengan usaha pecel lele yang di pinggir jalan juga membutuhkan sebuah media promosi, yaitu spanduk. Spanduk diletakkan di depan atau di tempat yang mudah dijangkau banyak orang dan menarik pembeli.

Dengan kreatifitas penjual buatlah spanduk yang unik dan dapat menjadi poin lebih dari pembeli. Harga spanduk sebagai modal usaha pecel lele sekitar Rp100.000,-.

Perkiraan Total Keseluruhan Modal Usaha Pecel Lele

Setelah merincikan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh pemula dapat dilihat bahwa total keseluruhannya tidak terlalu banyak. Untuk itu dapat di total modal awal yang dikeluarkan untuk pecel lele sekitar Rp8.000.000,- dan sudah mendapatkan alat yang lengkap. Bagi pemula modal ini sudah cukup untuk menjalankan usaha dan meraih keuntungan agar balik modal. Harga modal awal yang dikeluarkan sudah sangat murah bahkan masih ada sisanya untuk kebutuhan lainnya.

Modal tersebut tidak hanya untuk alat karena akan ada sisa untuk bahan bahan lainnya. Karena setiap harga barang yang ada di pasar tidak tetap dan dapat ditawar, sehingga dapat membeli bahan makanan untuk dijual. Usaha pecel lele ini tidak akan membuat pemula merasa berat karena sudah lengkap dan hanya memutarkan pendapatan yang akan didapatkan. Biasanya pemula yang akan membuka usaha ini akan menyiapkan modal terlebih dahulu dari jauh jauh hari.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Pecel Lele

Sebagai pemula untuk menjalankan sebuah usaha akan terasa sulit sehingga sedikit bahkan tidak ada yang membeli. Namun tetap harus berusaha dengan cara apapun yang dapat menarik pembeli. Usaha pecel lele dapat dicoba dengan orang terdekat apakah rasa yang akan dijual kepada banyak orang sesuai. Sehingga dapat melanjutkan kepada pembukaan usaha untuk banyak orang. ada beberapa tips sukses menjalankan usaha pecel lele, sebagai berikut.

1. Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Lokasi sangat menentukan penjualan, karena dengan lokasi yang ramai akan membuat banyak orang mengetahui dan membelinya. Biasanya pembukaan usaha pecel lele berlokasikan di pinggir jalan namun ada juga yang membangun sebuah toko. Dengan cara ini membuat banyak orang melihat dan membeli sehingga pemilihan lokasi pinggir jalan merupakan hal efektif. Namun untuk pemula akan mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu besar.

2. Pemilihan Bahan Baku Makanan

Karena menjual kuliner artinya harus memilih makanan yang pantas dan juga segar agar nikmat ketika dihidangkan ke pembeli. Bahan baku yang baik akan menghasilkan cita rasa yang sedap dan menarik pembeli untuk datang kembali. Biasanya dengan bahan yang baru dibuat kemudian dihabiskan, ketika ada sisa jangan dibuat untuk besok. Rasa, aroma dan penampakannya akan berbeda karena pembeli pun tau mana yang baru mana yang berhari hari.

3. Maksimalkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Berjualan secara langsung seperti usaha pecel lele ini bukan hanya menjual kuliner namun juga menjual jasa. Jasa yang digunakan disini yaitu pelayanan terhadap pelanggan yang sedang berkunjung makan di tempat maupun tidak. Pelayanan yang baik akan membuat pembeli terngiang sehingga akan menyukai usaha pecel lele. Ketika pembeli datang haruslah penjual ramah dan aktif menanyakan kebutuhannya, pelayanan dalam menyajikan makanan, dll.

4. Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik

Ketika modal usaha pecel lele sudah menjadi keuntungan dan usaha pecel lele berjalan ramai jangan sampai membuat terlena. Dengan menjaga keuangan dan modal seperti pertama buka akan membuat keuangan meningkat tiap bulannya. Asalkan tertanam konsisten dalam hati dan pikiran dalam mengatur keuangan. Jangan sampai hasil dari usaha awal dan modal yang telah dikeluarkan ketika mendapatkan untung membuat uang tak teratur.

5. Tekun Dan Pantang Menyerah

Sebuah usaha akan meningkat ketika seseorang berusaha dengan tekun dan selalu memperjuangkannya. Tanpa rasa menyerah akan membuat usaha dari nol menjadi sukses karena menjalani proses. Sebuah proses dalam berusaha menjual usaha pecel lele, berusaha membuat pecel lele yang enak. Semua itu proses yang dihadapi dengan tekun dan pantang menyerah namun jangan lupa untuk berdoa agar lebih maju dan sukses.

Berikut ini informasi mengenai modal usaha pecel lele dan tips sukses untuk menjalankannya. Ketika membuka usaha akan membuat seseorang berkali kali berpikir. Maka dari itu informasi ini bisa membuat pikiran seseorang terbuka. Dalam menjual pecel lele bukanlah hal yang susah semua orang dapat melakukannya karena skill yang digunakan pun sederhana saja.

 

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *