Mengintip Jumlah Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota

3 min read

modal usaha konter pulsa dan kuota

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa di bilang tidak akan ada habis nya adalah bisnis konter pulsa dan kuota. Hal ini dikarenakan hampir semua orang yang ada saat ini memiliki alat komunikasi yang namanya hp. Lalu berapa sih jumlah modal usaha konter pulsa dan kuota yang harus dikeluarkan jika ingin memulai bisnis ini?

Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan dengan baik jika ingin membuka usaha konter pulsa dan kuota ini. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah modal yang nantinya akan di keluarkan. Namun tak usah khawatir, karena jika hal ini sudah diperhitungkan secara matang maka rasa-rasanya memulai usaha ini tidak akan pernah ada ruginya.

Kenapa? Sebab bahan bakar dari hp itu adalah pulsa dan kuota. Selama orang-orang masih menggunakan hp maka akan membutuhkan apa yang namanya pulsa dan kuota. Lalu berapa sebenarnya jumlah modal usah konter pulsa dan kuota yang harus dikeluarkan? Berapa juga kira-kira prospek keuntungan setiap bulannya? Yuk langsung disimak aja!

Perkiraan Jumlah Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Berbicara modal yang harus dikeluarkan, maka erat hubungannya dengan berbagai komponen yang harus disiapkan sebelum memulai sebuah usaha. Ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus di beli untuk bisa memulai bisnis pulsa dan kuota ini. Terus modal apa aja sih yang dibutuhkan?

1. Modal Untuk Sewa Tempat

Posisi menentukan prestasi, begitulah sebuah pepatah legend mengatakan. Dan hal ini juga berlaku untuk masalah pemilihan tempat usaha. Termasuk usaha konter pulsa dan kuota yang akan dibuka. Bisa dikatakan, tempat ini adalah modal usaha konter pulsa dan kuota yang cukup penting. Ini sebenarnya ada dua pilihan.

Bisa memilih membangun toko sendiri atau pun menyewa tempat yang sudah ada. Jika memang punya tempat yang strategis, maka ada baiknya bangun sendiri saja sekalian. Itung-itung investasi juga. Biasanya butuh biaya 3 sampai 5 juta, namun ini hanya di awal saja. Namun kalau mau sewa biasanya butuh biaya sekitar 500-700 ribu setiap bulannya.

2. Modal Meja Etalase

Meja etalase akan berguna untuk menyimpan kartu perdana, voucher kuota, dan hal-hal lainnya yang akan di jual di bisnis ini. Sebelum membelinya, pastikan dulu besarnya sesuai dengan toko yang dimiliki. Jangan sampai terlalu besar atau pun kekecilan.

Biasanya meja etalase yang di beli ini terbuat dari kaca yang transparan. Hal ini bertujuan agar para konsumen bisa melihat secara langsung berbagai barang yang di jual. Entah itu kartu perdana, voucher kuota, dan yang lainnya. Harga dari meja etalase ini berkisar antara 1 sampai dengan 2 juta rupiah.

3. Modal Telepon Seluler

Tanpa yang satu ini maka berbagai transaksi akan sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, berinvestasilah untuk membeli telepon seluler yang memadai. Jika memang memungkinkan, milikilah telepon seluler yang khusus untuk bisnis ini. Jangan di gabung antara hp untuk urusan bisnis dan urusan pribadi. Ingat, hp ini adalah modal usaha konter pulsa dan kuota yang sangat penting.

Namun jika memang belum memungkinkan, tidak apa-apa untuk awal-awal di gabung terlebih dahulu. Modal yang dibutuhkan untuk membeli telepon seluler ini sekitar 300 sampai 500 ribu. Harga tersebut adalah untuk hp jadul yang memang khusus untuk berkirim pesan yang bisa mendukung proses transaksi saja.

4. Modal Kursi Plastik

Kursi plastik adalah modal usaha konter pulsa dan kuota lainnya yang harus dikeluarkan. Tidak usah banyak-banyak. Cukup bermodalkan satu sampai dua kursi plastik saja sudah cukup. Yang penting ada tempat duduk untuk konsumen yang nantinya berkunjung ke konter yang akan di buka.

Harga kursi plastik di pasaran juga tidak terlalu mahal. Cukup dengan modal 100 ribu maka sudah bisa mendapatkan dua buah kursi. Namun memang kalau bisa beli lah yang bagus sekalian, karena ini merupakan aset dari bisnis pulsa dan kuota ini.

5. Modal Deposit Pulsa Elektrik dan Kuota

Pulsa elektrik dan kuota ini adalah sesuatu yang di jual dalam bisnis ini. Jika tidak mempunyai hal ini maka namanya bukan usaha konter pulsa dan kuota. Namun ada baiknya, selain menjual pulsa dan kuota, sediakan juga jasa pembayaran PDM dan listrik bulanan, voucher game, dan yang lainnya. Hal ini untuk menambah keberagaman produk atau jasa yang di jual.

Dikarenakan saat ini era nya sudah beralih ke internet, maka ada baiknya alokasi untuk deposit kuota porsi nya harus lebih besar daripada deposit untuk pulsa elektrik. Mungkin presentase nya bisa 70:30. Namun tentunya ini disesuaikan dengan kecenderungan konsumen yang membelinya. Modal awal yang bisa dikeluarkan hal ini bisa mulai dari 2 juta sampai 5 juta rupiah.

6. Modal Rak Untuk Asesoris

Nah agar tampilan toko lebih menarik, maka ada baiknya juga kalau untuk membeli rak kecil tempat aksesoris. Namun hal ini hanya opsional, tidak wajib. Beli lah jika memang budget yang dimiliki mencukupi. Jika tidak maka dahulukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas saja.

Untuk membeli rak aksesoris, maka dibutuhkan modal sebesar 500 sampai 700 ribu rupiah. Lumayan menguras kocek memang, namun jika memang konter yang akan di buka mau di buat besar maka rak aksesoris sepertinya komponen wajib yang harus dimiliki.

7. Modal Asesoris Lainnya

Asesoris ini juga sifatnya tidak wajib, hanya opsional saja. Hanya saja jika ingin sekalian menjual aksesoris hape lainnya, maka bisa juga sekalian agar bisa sambal menyelam minum air. Kira-kira modal yang dibutuhkannya adalah 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Jika melihat rincian biaya di atas, maka modal usaha konter pulsa dan kuota minimal yang dibutuhkan adalah 4.9 juta. Ini jika tidak memilih tidak membeli aksesoris dan meja nya. Sementara jika memang mau di buat sedikit lebih serius, maka modal maksimum nya berkisar 14.3 juta. Ini adalah modal jika memilih membangun konter sendiri

Perkiraan Keuntungan Setiap Bulan dari Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memulai bisnis ini adalah perkiraan keuntungan yang bisa didapat. Jika diasumsikan keuntungan yang akan diambil 30%, maka dengan modal deposit pulsa dan kuota di awal sebesar 2 juta akan diperoleh keuntungan:

30% x Rp2.000.0000 = 600 ribu

Jika deposit tersebut habis dalam 1 minggu, maka dalam 1 bulan akan mendapat keuntungan 2.4 juta. Jika dikurangi harga sewa tempat 500 ribu maka keuntungan bersihnya adalah 1.9 juta.

Ini tentunya baru asumsi saja, semakin banyak modal yang dikeluarkan dan semakin banyak jumlah pulsa dan kuota yang terjual keuntungannya juga akan semakin besar lagi.

Nah setelah mengetahui jumlah modal usaha konter pulsa dan kuota beserta keuntungan yang bisa didapatkan setiap bulannya, rasanya bisnis yang satu ini masih cukup menjanjikan untuk di buka. Apalagi saat ini semua orang membutuhkan kuota jadi pasti konter-konter banyak dicari. Selamat membuka konter ya, semoga sukses!

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *