Inilah Rincian Modal Usaha Jus Buah Beserta Kelebihannya

3 min read

modal usaha jus buah

Usaha jus buah cukup menarik untuk dicoba karena pembuatan yang mudah hanya dengan membuat buah menjadi jus. Selain itu, modal usaha jus buah juga relatif kecil sehingga siapapun dapat memulai usaha ini. Usaha ini sangat diminati karena alasan berikut:

  • Pangsa Pasarnya Banyak. Dapat diartikan bahwa ketika memulai usaha jus buah akan diterima baik oleh masyarakat, karena khasiat dari buah. Buah memiliki banyak vitamin yang membuat tubuh menjadi sehat maka dari itu dapat diandalkan banyak orang. jus buah juga menghilangkan rasa haus ketika sedang cuaca panas dan membuat pembeli membelinya. Semua kalangan dapat meminum jus buah yang ada baik anak anak, remaja, dewasa.
  • Modalnya Kecil. Modal usaha jus buah ini dikatakan kecil karena peralatan yang dibutuhkan biasanya sudah ada di rumah. Sehingga hanya menambah peralatan dan perlengakapan yang belum ada di rumah saja. Buah buahan yang dibeli memiliki harga yang wajar dan ketika membeli banyak akan ada potongan harga. Dengan menghemat modal usaha harus pintar menghitung dan mengetahui harga pasar saat ini.

Peralatan Dan Perlengkapan Yang Harus Dipersiapkan

Ketika membuka usaha semua penjual harus menyiapkan apa saja yang akan menjadi kegunaannya ketika jualan. Begitupun usaha jus buah yang memerlukan berbagai macam peralatan dan perlengkapannya. Jus buah hanya memblender buah sehingga menjadi jus dan kemudian dijual.

Untuk membedakan dengan toko jus lainnya dapat menyediakan semua buah yang segar, kemasan yang unik dan kreatif sehingga menarik pembeli. Dengan begitu toko jus dapat memiliki nilai lebih dibandingkan dengan toko jus lainnya.

1. Mesin Blender

Mesin blender memiliki peran penting dalam berjualan jus buah karena blender dapat menghaluskan buah menjadi jus. Biasanya blender yang digunakan dalam membuka usaha jus buah memiliki blender lebih dari satu. Dikarenakan blender hanya 1 dan pembeli banyak akan kelamaan membuat jusnya dan pembeli pergi. Dan juga rasa buah yang tercampur campur sangat membuat pembeli kecewa dengan rasa yang menjadi aneh.

Maka dari itu mesin blender sangat penting dan harus dijaga kebersihannya, pilihlah blender yang berkualitas baik. Harga mesin blender sekitar Rp300.000,- per unitnya.

2. Pisau Kupas

Pisau kupas berguna untuk mengupas buah yang akan di blender sehingga kulitnya tidak tercampur dengan buah. Kegunaan pisau ini sangat banyak dan juga membantu mempercepat pengupasan buah sehingga tidak terlalu lama. Dengan pisau kupas ini sudah teratur dalam pengupasan kulit buah sehingga tidak terlalu tebal.

Pisau yang digunakan pun pasti khusus untuk buah saja agar tidak tercampur dengan bau aneh lainnya. Harga pisau kupas buah sekitar Rp10.000,- per unitnya.

3. Gelas Plastik

Untuk menjual jus buah sangat membutuhkan gelas sebagai wadah pembeli yang sudah tak asing lagi. Gelas plastik yang digunakan haruslah yang baru agar rasa buah terasa segar dan enak. Dari kemasan yang digunakan ini dapat menarik pembeli dan membedakan dengan toko lain.

Buatlah sekreatif mungkin untuk kemasan yang akan digunakan sehingga tidak hanya menjual jus buah segar namun juga kreatif. Gelas plastik yang digunakan pun jangan terlalu tipis karena akan gampang pecah. Harga gelas plastik sekitar Rp500,- per cupnya.

4. Toples

Toples sangat berguna untuk meletakkan sebuah air gula ataupun sendok sendok yang digunakan agar tidak berantakan. Maka dari itu harus ada toples ketika sedang berjualan yang dapat membuat penjual terasa nyaman ketika melayani pembeli. Ketika tempat jualan rapi pembeli pun akan menilai bahwa toko jus buah bersih dan sehat. Ada berbagai macam ukuran toples yang dapat dimiliki sesuai kebutuhannya. Harga toples sekitar Rp15.000 per unitnya.

5. Dispenser

Untuk meletakkan air dan memudahkan mengambil air ada baiknya memiliki dispenser namun dapat juga menggunakan yang lainnya. Dengan adanya dispenser tempat air sudah tidak diganggu gugat dan kebersihan air sudah terjamin. Kalau meletakkan air di galon saja kemudian mengambil ketika ingin membuat jus akan sangat repot dan membuang waktu.

Dispenser sangat mudah digunakan, selagi ada yang mudah kenapa harus dibuat susah yang membuat usaha jus memakan waktu lama. Harga dispenser sebagai modal usaha jus buah sekitar Rp100.000,- per unitnya.

6. Tempat Sampah

Untuk menjaga kebersihan dan membuat nyaman haruslah memiliki tempat sampah sehingga tidak berantakan. Kulit yang dikupas sangat banyak dan harus dibuang ditempat sampah agar tidak memakan tempat yang bersih. Tempat sampah dapat menggunakan tempat apa pun yang penting sampah tidak berceceran.

Bersihnya tempat usaha membuat pembeli dan penjual nyaman dan percaya akan kebersihan dari usaha tersebut. Harga tempat sampah sekitar Rp50.000,- per unitnya namun dapat juga menggunakan tempat yang dapat membuang sampah.

7. Lemari Pendingin

Lemari pendingin sangat berguna untuk usaha jus buah yang digunakan untuk meletakan es batu. Adanya es batu membuat jus menjadi dingin dan lebih segar, dapat juga digunakan untuk meletakkan buah agar tetap segar. Lemari pendingin membuat usaha jus buah menjadi mudah dan praktis, jika ada jus yang berlebih dapat diletakkan di kulkas. Sehingga jus tidak berubah rasa (basi) dan masih segar, namun jangan terlalu lama. Harga lemari pendingin sekitar Rp500.000,- per unitnya.

8. Etalase

Sebagai penjual jus buah haruslah memiliki etalase atau gerobak untuk meletakkan peralatan dan perlengkapan. Sehingga saat membuat jus buah dapat dilihat langsung oleh pembeli dan penjual tidak lupa alat-alatnya dimana saja. Etalase dapat digunakan sebagai tempat meletakkan buah sehingga terlihat rapi dan menarik pembeli.

Dengan adanya etalase menandakan kepada pembeli bahwa ada usaha jus buah yang sedang berjualan. Harga etalase sebagai modal usaha jus buah sekitar Rp1.500.000,-.

9. Sewa Lapak

Dalam berjualan harus mencari tempat yang strategis agar penjualan jus buah menjadi laris dan banyak diketahui banyak orang. Dapat juga berjualan di depan rumah sehingga menghemat modal, jika rumah merupakan tempat yang strategis. Lapak yang dibutuhkan harus sesuai dengan muatnya perlengkapan dan peralatan yang akan digunakan. Sewa lapak ini mengeluarkan modal usaha jus buah sekitar Rp500.000,-.

Modal Keseluruhan

Dari uraian mengenai peralatan dan perlengkapan yang harus dibeli untuk memulai usaha jus buah maka dapat ditarik kesimpulan Modal usaha jus buah yang dikeluarkan sekitar Rp4.000.000,- dan modal sebesar itu tidak memberatkan pemula. Karena sudah lengkap beserta buahnya dan pasti akan ada sisa yang dapat dibelikan bahan lainnya. Keuntungannyapun dapat digunakan juga untuk modal dikemudian hari.

Itulah informasi mengenai modal usaha jus buah bagi yang akan membuka usaha dapat melihat apa saja yang dibutuhkan serta kelebihan menjalankan usaha ini. Dengan memiliki usaha sendiri sangat membantu memenuhi kebutuhan sendiri dan juga banyak orang. Buah juga kaya akan manfaatnya sehingga sudah terjamin sehat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *