Menikmati Pemandangan Indah Gunung Tampomas Banjarnegara

1 min read

Gunung Tampomas Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara mungkin tidak terlalu dikenal sebagai destinasi wisata. Namun demikian, Kabupaten Banjarnegara ternyata menyimpan satu destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan oleh para pelancong. Adalah Gunung Tampomas, sebuah mantan gunung batu yang kini disulap secara apik menjadi objek wisata yang menarik.

Desa Gentansari Kecamatan Pagedongan adalah lokasi dari Gunung Tampomas. Meskipun terletak sedikit jauh dari pusat kota, bukan berarti objek wisata ini tidak mudah dijangkau. Sebaliknya, akses menuju Gunung Tampomas cenderung mudah karena bisa dilalui baik oleh kendaraan beroda empat mau pun roda dua.

Gunung Tampomas merupakan destinasi wisata di Banjarnegara yang tergolong masih baru. Objek wisata ini dibuka pada tahun 2018 dan langsung menarik hati para wisatawan.

Sejarah Gunung Tampomas

Sekarang ini Gunung Tampomas terlihat tidak berbeda dengan bukit-bukit pada biasanya dengan sebuah danau yang cukup luas. Namun, jauh sebelumnya, Gunung Tampomas merupakan sebuah gunung batu yang menjulang dengan gagah.

Berubahnya bentuk Gunung Tampomas dimulai pada tahun 1980 ketika pemerintah pusat berencana untuk membangun waduk untuk membendung Sungai Serayu. Batu yang keras dan kuat dibutuhkan dalam jumlah besar sebagai material pembuatan waduk. Maka, dipilihlah Gunung Tampomas yang terkenal sebagai gunung batu.

Dinamit digunakan untuk meledakan Gunung Tampomas agar bebatuan lebih mudah didapatkan. Butuh waktu kurang lebih lima tahun sebelum akhirnya semua material yang dibutuhkan berhasil dipenuhi. Namun, Gunung Tampomas terlanjur rusak. Tidak terlihat lagi gunung batu yang gagah menjulang. Yang tersisa hanyalah sisa-sisa ledakan berupa ceruk sedalam 3 meter dengan luas 1,5 hektare yang terisi oleh air hingga menyerupai danau.

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Gunung Tampomas?

Tidak seperti gunung-gunung pada biasanya dimana pelancong akan menikmati pemandangan dari ketinggian, Gunung Tampomas justru menyajikan danau dengan ditemani bukit-bukit batu sisa penambangan di masa lalu. Inilah yang menjadi poin unik dari Gunung Tampomas selain keindahan pemandangannya.

Bagi pelancong yang ingin lebih menikmati keindahan Gunung Tampomas bisa menyusuri danau dengan perahu yang telah disediakan. Keindahan bunga teratai yang terdapat di sekitar danau dan bukit bebatuan yang mengelilingi danau bisa memanjakan mata.

Wisata air dengan perahu bukanlah satu-satunya wahana yang bisa dinikmati di Gunung Tampomas. Pelancong juga bisa berkeliling di sekitar gunung batu seluas 5 hektar tersebut dengan menaiki kuda yang telah disediakan pengelola.

Ada pula selfie deck bagi pelancong yang ingin mengabadikan momen saat berwisata ke Gunung Tampomas atau mengisi feedback Instagram. Sedangkan bagi keluarga yang berwisata bersama anak-anak, terdapat pula kolam renang yang diperuntukan khusus anak-anak, sehingga bisa menikmati keindahan alam seraya bermain air.

Di sekitar objek wisata tersebut, pelancong juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Banjarnegara seperti mendoan, dawet ayu, pecel dan mie ayam.

Akomodasi ke Gunung Tampomas

Meskipun Gunung Tampomas menyediakan berbagai wahana wisata yang sangat menyenangkan, pelancong tidak perlu merisaukan harga tiket masuk. Hanya dengan 5.000 rupiah, pelancong sudah dapat memasuki kawasan wisata ini. Sedangkan apabila ingin masuk ke kolam renang, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar 5.000 rupiah.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, sesampainya di Kabupaten Banjarnegara bisa mengistirahatkan diri terlebih dahulu dengan menginap di hotel. Hoten Central, Hotel Asri, dan Hotel Surya Yudha adalah sederet hotel yang bisa dimanfaatkan. Harga dari hotel-hotel tersebut juga cukup bervariasi antara 160.000 rupiah hingga 1 juta rupiah per malam.

Nah, sekarang tunggu apa lagi? Segera tentukan hari libur dan jadilah bagian dari wisatawan yang terpukau oleh keindahan gunung batu Tampomas.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *